• Manajemen keuangan merupakan bagian dari tugas pimpinan perusahaan dengan tanggung jawab utama berupa keputusan penting menyangkut investasi dan pembiayaan perusahaan. Jika dihubungkan dengan prinsip manajemen, aktivitas perolehan dan penggunaan dana untuk investasi dan pembiayaan perusahaan tersebut harus dilakukan secara efektif dan efisien. Untuk itu diperlukan berbagai fungsi manajemen; fungsi perencanaan, pengarahan, dan pengendalian dalam menggunakan dan memenuhi kebutuhan keuangan perusahaan. Adapun aktivitas investasi, pembiayaan, dan kebijakan deviden dari perusahaan ditangani oleh manajer keuangan.
  • Mata kuliah ini membahas tentang pengertian manajemen keuangan, kosep dasar likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas, pembelanjaan jangka pendek, manajemen aktiva tetap, investasi dalam surat berharga, analisis break event point, konsep operating financial leverage, biaya modal, analisis resiko dalam investasi, kebijakan deviden.
  • Metode perkuliahan ini menggunakan metode: ceramah, diskusi, tanya jawab, dan presentasi kelompok. Metode lain juga digunakan seperti diskusi, latihan tugas pada pokok bahasan atau sub pokok bahasan tertentu. Untuk metode diskusi mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang sesuai dengan topik diskusi. Sedangkan untuk latihan tugas akan dilaksanakan secara individu. Untuk mencapai keberhasilan perkuliahan yang maksimal, strategi perkuliahan ini akan menggunakan media pembelajaran modern (infocus, dan laptop) sesuai dengan pokok bahasan.