Mata kuliah ini menunjang kompetensi mahasiswa untuk memahami teks bahasa Inggris dan mengungkapkan ide menggunakan bahasa Inggris yang berterima dan runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks terkait masalah, metode pemecahan masalah dan hasil dari suatu solusi di bidang Ilmu Komputasi.

 

Mata Kuliah ini berfokus pada dua keterampilan bahasa Inggris yaitu: menulis dan berbicara dalam konteks akademik. Tujuan instruksi umum dari mata kuliah ini adalah diharapkan mahasiswa mampu mengungkapkan ide dengan memiliki keterampilan menulis paragraf yang utuh dan keterampilan berpresentasi sesuai dengan paragraf yang telah ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris yang berterima dan runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

Khusus untuk keterampilan menulis, mahasiswa diharapkan dapat memahami prinsip kalimat utuh. Mahasiswa juga diharapkan mampu menyajikan ide secara tertulis dalam bentuk introductory sentence, topic sentence, supporting sentences, dan concluding sentence yang dipadukan menjadi paragraf yang utuhSelain dari itu, mahasiswa juga mampu menerapkan tanda baca, pengejaan, dan penggunaan huruf kapital dengan baik dan benar.

 

Khusus untuk keterampilan berpresentasi, mahasiswa diharapkan dapat memahami prinsip ekspresi baku atau ekspresi formal. Mahasiswa juga diharapkan mampu menyampaikan ide secara lisan dengan menggunakan signposting (ungkapan penyambung ide) yang benar dan sesuai konteks.

Selain dari itu, mahasiswa juga mampu menyajikan alat visual yang efektif and menggunakan bahasa tubuh yang baik.