Adapun mata pelajaran bahasa arab di madrasah ibtidaiyah memiliki tujuan sebagai berikut:
a.       Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa arab, baik lisan maupun tulis yang mencakup empat kemahiran berbahasa, yakni menyimak ( istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
b.      Menumbuhkan kesadaran pentingnya bahasa arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran islam.
c.       Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
Standar kompetensinya:
a.       Al-istima’: memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengar tentang…
b.      Al-kalâm: mampu mengungkapkan informasi secara lisan tentang…
c.       Al-Qiraah: memahami wacana tertulis tentang…
d.      Al-kitabah: mampu menuliskan kata, kalimat, ungkapan sederhana tentang…

Kompetensi dasarnya:
a.       Al-istima’: mengenal bunyi huruf, memahami makna kata tentang…
b.      Al-Kalâm: mengucapkan kata secara benar, melakukan percakapan, menyampaikan   inormasi tentang (tema)…
c.        Al-Qirâah: melafalkan huruf , memahami arti tentang…
d.       Al-Kitâbah: mampu menuliskan huruf, kata, kalimat dalam wacana