Mata  kuliah  ini  menjelaskan  tentang  berbagai  hal  yang berkaitan dengan pemahaman dasar manajemen pemasaran termasuk perkembangannya   di   abad   21, analisis    kesempatan   pasar,    pengembangan    strategi pemasaran,   pengambilan   keputusan dan bagaimana  mengelola  program  pemasaran  secara  efektif dan  efisien.    Selain  itu  juga  memberikan  pemahaman tentang berbagai konsep dasar pemasaran dan manajemen pemasaran  serta  mengetahui  aktivitas  inti  dari  proses pemasaran, market place dan pelanggan, rancangan strategi pemasaran customer-driven dan  bauran  pemasaran,  serta perluasan   pemasaran,   baik   dalam   lingkungan   makro serta strategi pemasaran komprehensif. Maupun lingkungan mikro pemasaran. Dengan mempelajari   Konsep – konsep  dan   teori   sesuai   dengan deskripsi  dasar-dasar  manajemen  pemasaran,  diharapkan mahasiswa  dapat  menjelaskan  praktik  pemasaran  yang sederhana  dan  dijadikan  basis  mempelajari  manajemen pemasaran lanjutan